post-image

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN PENGERTIANNYA

By GW DANI at 26 November 2012, in category Teknologi

Teknologi komunikasi terbagi 2,GSM dan CDMA

GSM atau Global System for Mobile Communication adalah sebuah teknologi komunikasi selular yang bersifat digital. Teknologi GSM banyak diterapkan pada komunikasi bergerak, khususnya telepon genggam. teknologi ini memanfaatkan gelombang mikro dan pengiriman sinyal yang dibagi berdasarkan waktu, sehingga sinyal informasi yang dikirim akan sampai pada tujuan. GSM dijadikan standar global untuk komunikasi selular sekaligus sebagai teknologi selular yang paling banyak digunakan orang di seluruh dunia.

Teknologi GSM  mulai diproduksi di era 1980-an. GSM beroperasi pada 900-1800 MHz di Eropa dan India,sedangkan di AS sekitar 1900 MHz. Kelebihan dari GSM ini adalah Kualitas panggilan relatif aman dan baik serta Handset & penyedia layanan yang tersedia untuk dipilih lebih beragam. GSM mampu menyalurkan komunikasi suara dan data berkecepatan rendah

(9,6 – 14,4 kbps) lalu berkembang menjadi GPRS.

General Packet Radio Service atau disingkat GPRS adalah perkembangan dari teknologi GSM dengan kecepatan komunikasi data sampai 115kbps karena sistem GPRS dapat digunakan untuk transfer data (dalam bentuk paket data) yang berkaitan dengan e-mail, data gambar (MMS), Wireless Application Protocol (WAP), dan World Wide Web (WWW).

Selanjutnya adalah Enhanced Data rates for GSM Evolution atau disingkat EDGE. Sebelumnya pada GPRS menawarkan kecepatan data sebesar 115 kbps, dan secara teori dapat mencapai 160 kbps. Sedangkan pada EDGE kecepatan datanya sbesar 384 kbps, dan secara teori dapat mencapai 473,6 kbps. Secara umum kecepatan EDGE tiga kali lebih besar dari GPRS.

Universal Mobile Telecommunication System atau UMTS dan biasa disebut dengan Wideband Code-division Multiple Access atau WCDMA merupakan teknologi generasi ketiga (3G) untuk GSM. Teknologi ini tidak kompatibel atau berbeda dengan CDMA2000 atau sering disebut juga dengan CDMA saja. Kecepatan WCDMA bisa mencapai 384 kbps dan dimasa akan datang akan meningkat sampai mungkin sekitar 10Mbps. Teknologi ini menggunakan Wideband-AMR (Adaptive Multi-rate) untuk kodifikasi suara (voice codec) sehingga kualitas suara yang didapat menjadi lebih baik dari generasi sebelumnya.

High Speed Downlink Packet Access (HSDPA) atau High Speed Upload Packet Access (HSUPA), sebenarnya kedua teknologi ini berbeda tetapi kedua teknologi ini selalu satu paket, artinya di mana ada HSDPA di situ ada HSUPA. HSDPA merupakan standar HSPA dengan kemampuan dari sisi kecepatan transfer downlink/download-nya (dari jaringan ke handset), dimana HSDPA dapat mencapai kecepatan downlink 7.2 Mbps dan secara teori dapat ditinggkatkan sampai kecepatan 14.4 Mbps dengan maksimum uplink/upload 384 kbps. HSDPA selain dapat digunakan oleh handphone tetapi dapat pula digunakan oleh Notebook untuk mengakses data dengan kecepatan tinggi.

Sedangkan HSUPA merupakan standar HSPA dengan kemampuan dari sisi kecepatan transfer uplinknya (dari handset ke jaringan), dimana HSUPA dapat mencapai kecepatan uplink secara teori sampai kecepatan 5.76 Mbps, tetapi HSUPA ini tidak implentasikan (dikomersialkan) dan handsetnya tidak dibuat.

Lalu yang terakhir adalah High Speed Packet Access (HSPA) adalah penyatuan dari HSDPA dan HSUPA.

Untuk urusan kecepatan, HSDPA memliki kecepatan yang lebih ketimbang EDGE dan GPRS. Hanya saja tidak semua wilayah di Indonesia terjangkau oleh HSDPA.

CDMA adalah kependekan dari Code Division Multiple Access.CDMA beroperasi baik dalam 800 MHz dan pita frekwensi 1900 MHz

 

Kelebihan dari CDMA ini adalah biaya panggilan lebih murah daripada GSM dan kualitas panggilan juga lebih baik daripada GSM,  sedang kekurangannya yakni tidak ada ketersediaan berbagai handset di CDMA seperti pada GSM.

 

Setidaknya, ada empat tahapan penting dalam perkembangan teknologi CDMA Yaitu

  • CDMA2000-1x
  • EV-DO Revision 0 (baca zero)
  • EV-DO Revision A (Rev A) serta yang paling mutakhir adalah
  • EV-DO Revision B.

 

   CDMA2000-1X adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan generasi layanan mobile canggih yang menyediakan komunikasi suara dan data berkecepatan tinggi , termasuk akses ke Internet, aplikasi data mobile dan konten multimedia yang memliki kecepatan download sekitar 153 Kpbs

EVDO singkatan dari Evolution Data Optimized yaitu teknologi dari jaringan CDMA yang terdiri dari 

    EV-DO Rev 0 (Evolution-Data Optimized) memperkenalkan kecepatan tinggi baru packet-switched teknik transmisi yang secara khusus dirancang dan dioptimalkan untuk data-centric jaringan broadband yang dapat memberikan kecepatan data puncak melampaui 2 Mbps dalam lingkungan mobile.

 

    EV-DO Rev A adalah suatu evolusi dari EV-DO Rev 0 yang meningkatkan tingkat puncak pada maju mundur dan link untuk mendukung wide-variety of symmetric, delay-sensitif, real-time, dan secara bersamaan suara dan aplikasi data broadband. Dengan kecepatan uplink lebih simetris memungkinkan pengguna untuk mengirim file besar, email dengan lampiran, resolusi tinggi foto dan video pribadi dari perangkat mobile mereka, dengan kecepatan download sekitar 3.1 Mbps

 

    EV-DO Rev B merupakan langkah evolusi Rev A yang terdiri dari upgrade software yang menggabungkan beberapa EV-DO Rev A channel untuk memberikan kinerja yang lebih tinggi untuk pengiriman multimedia, bi-directional pengiriman data dan VoIP berbasis layanan bersamaan seperti VoIP, push-to-talk, video telephony, suara dan multimedia secara simultan, dan multiplayer online game.

teknologi EVDO Rev B fase 1 memilik kecepatan up to 9,3 Mbps dan saat ini telah muncul teknologi EVDO Rev B fase 2 yang dapat mencapai kecepatan up to 14,7 Mbps.

 

Untuk kualitas dan kecepatan akses internet mana yg lebih baik dari Teknologi di atas? Jawabannya RELATIF. Karena sangat bergantung pada :

- Kepadatan pengguna pada daerah kita.

- Tangkapan signal di tempat kita

- Lokasi kita (apakah terhalang gedung , pohon dsb)

- Dan faktor dari operatornya itu sendiri

 

 

 

 

 

 

DANIEL

 

 

Diambil dari berbagai sumber

SHARE THIS POST

share-mail

0 komentar

Post Komentar

Poskan Komentar


                                              

* Komentar Anda akan kami konfirmasi dahulu.

Posting Terbaru dari Kategori yang sama

Lihat Semua Postingan
post-img-7

APA SIH BEDANYA CD/DVD -R +R RW ?

APA SIH BEDANYA CD/DVD -R +R RW ? CD/DVD merupakan salah satu media penyimpanan yang cukup populer. Namun, pada saat ... Lanjut

3
post-img-7

Mouse atau Keyboard Wireless tidak connect ?

Mengaktifkan USB port melalui BIOS (Basic Input Output System)   Ada beberapa PC yang memiliki ... Lanjut

127
post-img-7

Perbedaan USB 1.0, 2.0, dan 3.0

Perbedaan USB 1.0, 2.0, dan 3.0   Universal Serial Bus atau yang biasa disebut USB memiliki ... Lanjut

10