post-image

Jenis-Jenis Kabel Koneksi Video

By GW DANI at 20 November 2012, in category Teknologi

Jenis-Jenis Kabel Koneksi Video

1.Kabel RCA (kabel composit)

 

Kabel Composite-video ini diciptakan ketika masa transisi televisi hitam-putih ke televisi berwarna tahun 1950-an. Kabel ini dapat dipakai baik pada televisi hitam-putih maupun televisi berwarna. Pada saat itu, ini adalah pilihan terbaik untuk meneruskan signal. Kabel merah dan putih menandakan kabel itu membawa sinyal audio(suara),sementara yg berwarna kuning membawa sinyal video.Saat ini, dengan semakin kompleknya kualitas dan informasi yang terkandung pada tiap gambar,kabel ini tidak lagi cocok untuk dipakai. Hasilnya akan sangat tidak maksimal pada LCD TV yang memiliki informasi dan tingkat ketajaman gambar yang luar biasa.resolusi yg ditampilkan max 330 lines(garis).Resolusi segitu Apabila ditampilkan di LCD TV layar besar,video/gambar akan tampak pecah

 

2.S-VIDEO (SUPER-VIDEO)

 

Kabel S-Video ini dikembangkan pada akhir 1980-an untuk memecahkan beberapa masalah pada kabel composite video. Kabel ini memiliki kemampuan untuk memisahkan warna dan meneruskan signal yang lebih jernih ke televisi. Kabel ini dapat menghantar gambar visual dengan resolusi sampai dengan 400 lines (garis).Kabel S-video membagi sinyal visual menjadi dua komponen warna yaitu c dan y. Kabel ini memberikan tampilan gambar lebih baik dibandingkan dengan kabel komposit. Cara mengenali kabel ini adalah kabel tunggal dengan konektor s-video 4 pin atau 9 pin.

 

3.Kabel COMPONENT (Component Video)

 

Kabel ini disebut juga kabel DVD input.Kabel ini jauh lebih baik daripada kabel sebelumnya,karena sinyal video dibawa oleh 3 buah kabel secara terpisah,jadi total keseluruhan dari kabel ini ada 5 buah.kabel merah,hijau dan biru untuk sinyal video,sementara merah dan putih untuk sinyal audio.resolusi yg ditampilkan s/d 480pixel.Namun,akan tampak tidak rapi melihat banyaknya kabel

 

 

4.DVI (Digital Video Interlaces)

 

Digital Visual Interface (DVI) adalah tampilan video antarmuka yang dikembangkan oleh Kelompok Digital display(DDWG). Kabel  digital ini digunakan untuk menghubungkan sumber video ke Monitor atau proyektor.Kabel ini hanya mengantarkan sinyal video.Video yg dihasilkan jauh melebihi kabel yg terdahulu,karena sudah menggunakan system digital.resolusi yg ditampilkan sudah HD (High Definition-Definisi Tinggi) yakni 1080pixel

 

 

5.D-SUB /RGB (VGA)

Kabel VGA ini mengacu kepada konektor VGA 15-pin yang masih digunakan secara luas untuk mengantarkan sinyal video analog ke monitor.Dibandingkan dengan DVI yg sudah digital,kabel ini masih menggunakan system analog.Pengertian analog disini adalah masih menggunakan system pembagian warna yakni merah (red),hijau (green) dan biru (blue),hamper sama seperti kabel component,hanya saja lebih baik.Kabel ini hanya mengantarkan sinyal video

 

 

5.HDMI (High Definition Multimedia Interfaces)

Kabel HDMI  berguna untuk menyampaikan data audio dan video secara digital, sesuai untuk ditampilankan pada layar berkualitas HD (High-Definition). Keunggulan HDMI dari kabel Component atau kabel sebelumnya, adalah kualitas tinggi pada hasil konversi audio dan video yang melalui kabel HDMI tersebut. HDMI Merupakan Kombinasi signal video dan Audio ke dalam  interface digital dan  hanya menggunakan satu port, sedang pada kabel Component membutuhkan tiga port untuk mengkonversikan audio dan video.

HDMI memiliki beberapa versi kabelnya, yaitu:

  • HDMI 1.0, muncul pada Desember 2002, dengan bit rate maksimum 4.9Gbps. Bisa melakukan pemutaran video hingga 165 Mp/sec.
  • HDMI 1.1, dirilis dibulan Mei 2004, feature sama dengan 1.0 hanya menambahkan system perlindungan pada Audio DVD.
  • HDMI 1.2, dirilis sekitar Agustus 2005.
  • HDMI 1.3,  muncul pada 22 Juni 2006, dengan kualitas resolusi gambar yang bagus karena bandwith yang digunakan lebih tinggi.
  • HDMI 1.3a, diluncurkan pada 10 November 2006, arsitektur sama dengan versi 1.3 hanya perbaikan pada kualitas suara(audio).

HDMI 1.3a telah mendukung output audio dari Dolby Digital dan DTS-HD Master Audio, yang merupakan format codec audio pada DVD HD dan Blu-ray Disc. Resolusi display mencapai maksimal 1440p untuk ditampilkan pada layar lebar (Wide).

Kabel HDMI memiliki beberapa jenis/bentuk, tergantung dari hardware atau gadget yang digunakan. Untuk HDMI Micro kebanyakan digunakan pada Handycam HD danSmartphone, sedangkan HDMI Mini umumnya terdapat pada Tablet PC dan beberapa gadget portable lain.

Seiring kemajuan tekhnologi, saat ini telah marak film yang berkualitas 3D. Perusahaan-perusahaan besar LCD pun saat ini telah mengeluarkan type TV LCD yang mendukung 3D. Untuk mengejar ini, hadir HDMI versi 1.4 yang mendukung gambar berkualitas 3D. Pada seri 1.4 juga sangat mendukung “extremely high HD resolutions”, untuk menampilkan film dengan resolusi sama seperti yang diterapkan pada Bioskop Cinema. Kelebihan lain dari HDMI versi 1.4 adalah terdapat saluran Ethernet yang memungkinkan untuk mengirim dan menerima data dengan kecepatan Ethernet (+ 100Mbps), hingga tidak dibutuhkan lagi kabel LAN/Ethernet secara terpisah.

Selain tingkatan versi HDMI yang membedakan kualitas tampilan video – audionya, bahan dan panjang kabel juga mempengaruhi kualitas yang dihasilkan dari kabel HDMI.Salah satu yg membedakan adalah penggunaan bahan emas (24K Gold).Emas adalah penghantar sinyal terbaik.

SHARE THIS POST

share-mail

0 komentar

Post Komentar

Poskan Komentar


                                              

* Komentar Anda akan kami konfirmasi dahulu.

Posting Terbaru dari Kategori yang sama

Lihat Semua Postingan
post-img-7

APA SIH BEDANYA CD/DVD -R +R RW ?

APA SIH BEDANYA CD/DVD -R +R RW ? CD/DVD merupakan salah satu media penyimpanan yang cukup populer. Namun, pada saat ... Lanjut

3
post-img-7

Mouse atau Keyboard Wireless tidak connect ?

Mengaktifkan USB port melalui BIOS (Basic Input Output System)   Ada beberapa PC yang memiliki ... Lanjut

127
post-img-7

Perbedaan USB 1.0, 2.0, dan 3.0

Perbedaan USB 1.0, 2.0, dan 3.0   Universal Serial Bus atau yang biasa disebut USB memiliki ... Lanjut

10